3 Tips Bersihkan Kuas Makeup Agar Terhindar Kotoran dan Jamur

Masa-masa isolasi mandiri karena virus corona mungkin jadi saat yang tepat buat membersihkan kuas make up. Tanpa Anda sadari, kuas make up jadi bagian penting untuk merias diri tiap sebelum berangkat kerja. Namun kuas kotor akibat pemakaian blush on, alas bedak, keringat, minyak jika dipakai bisa merusak kulit.

Kita tahu bahwa kuas make up menumbuhkan bakteri dan jamur, kata dokter kulit Loretta Ciraldo mengutip dari Glamour. Dia berkata, bakteri dan kotoran bisa mengakibatkan sejumlah masalah kulit termasuk jerawat bahkan dermatitis dalam beberapa kasus. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan kuas make up dengan benar dengan cara berikut.

1. Siapkan alat

Awali bersih-bersih dengan menyiapkan alat yakni sabun cair, sabun cuci piring atau sampo, air hangat dan cangkir. Ciraldo mengingatkan jika Anda memilih menggunakan sampo, sebaiknya pilih sampo tanpa kandungan sulfat. Ketika ingin membilas kuas, sebaiknya hindari asam sulfat yang bisa meninggalkan residu pada kuas dan bisa mengakibatkan iritasi atau menutup pori, jelas dia.

Kasey Spickard, penata rias, menambahkan dirinya selalu membawa alkohol 70 persen. Menurutnya alkohol membantu membersihkan riasan yang tahan air (waterproof) seperti maskara.

2. Lakukan perlahan

Tuang air hangat pada cangkir lalu teteskan sabun cair atau sampo. Masukkan kuas pada cangkir dan usapkan kuas dengan lembut pada bagian bawah cangkir. Jika Anda menggunakan sabun batang, maka gosok kuas pada sabun batang, lalu gosok perlahan di bawah air mengalir.

3. Bilas dan keringkan

Bilas kuas dengan air hangat sembari dorong ke bentuk semula. Ciraldo merekomendasikan untuk membiarkan kuas mengering pada handuk. Caranya, letakkan kuas pada selembar handuk, gulung handuk dan tempatkan kuas pada bagian bawah. Ini untuk mencegah air mengalir ke bagian ikatan gagang dan bulu kuas.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.