11 Tempat Wisata Yang Menyimpan Mitos Bikin Putus Cinta


Biasanya saat berwisata, kamu memilih tempat yang indah dan menarik bersama keluarga, teman ataupun kekasih. Tapi ternyata nggak semua orang berani datang ke 11 tempat ini bersama kekasihnya lho! Alasannya karena di tempat wisata ini ada mitos bahwa setiap orang yang datang bersama pasangannya, hubungan mereka tidak akan langgeng alias bakal putus! Wah kira-kira tempat wisata mana saja ya? Yuk, simak ulasan berikut guys!

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan sebenarnya adalah destinasi wisata unggulan di Indonesia. Namun di sana berkembang mitos yang menyatakan bahwa setiap pasangan kekasih yang datang ke Candi Prambanan akan putus, karena berkaitan dengan kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.

2. Baturraden

Nama tempat ini berasal dari seorang anak bupati (Raden) dan anak pembantu (Batur) yang diketahui berhubungan namun tidak disetujui, kemudian dinamakan Baturaden. Mitos yang beredar mengatakan bahwa sebagian besar pasangan yang ke sana berakhir dengan putus.

3. Tanah Lot
11 Tempat Wisata Yang Menyimpan Mitos Bikin Putus Cinta
Pura Tanah Lot adalah salah satu pura yang sangat disucikan di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Tanah Lot memang menjadi daya tarik utama karena keindahan pura yang berada di tepi pantai, seakan berada di tengah laut. Pura tersebut dijaga oleh ular suci yang mana mitosnya bisa membuat kandas hubungan pasangan kekasih.

4. Kebun Raya Bogor

Barang siapa yang datang ke Kebun Raya Bogor dalam status single, maka dipercaya akan mendapatkan jodoh jika duduk di bawah pohon jodoh. Sebaliknya, untuk pasangan kekasih justru didapati mitos bahwa mereka akan segera putus jika melintasi jembatan merah yang berada di dalam Kebun Raya Bogor.

5. Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Tanjakan Cinta berada di bagian barat Ranu Kumbolo, di area gunung Semeru pada jalur pendakian puncak Mahameru. Berkembang sebuah legenda di masyarakat di mana berawal dari sepasang kekasih mendaki Gunung Semeru. Ketika dalam perjalanan pendakian lewati jalur ini, sepasang kekasih tersebut terpisah karena kelelahan di tengah perjalanan.

6. Air Terjun Coban Rondo

Air terjun setinggi 84 meter ini terletak di wilayah Pujon, Malang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri lantaran keindahan alamnya, juga disertai mitos yang beredar. Nama Coban Rondo diambil dari legenda Dewi Anjarwati yang terpukul setelah ditinggal mati suaminya, Raden Baron Kusumo sehingga ia mendapatkan sebutan rondo yang artinya adalah janda.

7. Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang yang terkenal cantik karena pasir putihnya, terletak di Kecamatan Bantur Kota Malang, Jawa Timur. Selain itu juga terdapat pura di sebuah pulau di bibir pantainya sehingga kerap disebut sebagai Tanah Lot-nya Malang. Di sini berkembang mitos pasangan kekasih yang datang niscaya hubungannya tidak akan bertahan lama, kecuali suami istri.

8. Bukit Cinta Rawapening

Bukit Cinta Rawa Pening terletak di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Rawa pening dengan luas 2.670 hektar ini bagaikan magnet bagi para penikmat fotografi, atau bahasa kekinian instagrammable. Mitos di Bukit Cinta Rawa Pening menyebutkan apabila pasangan bukan suami istri berkunjung ke sana, maka hubungan mereka dipercaya akan putus.

9. Grajakan Nglirip, Tuban

Air Terjun Grajakan Nglirip berjarak 36 kilometer dari pusat kota Tuban, sangat terkenal karena keindahannya. Sayangnya, keindahan Grajakan Nglirip ini tidak bisa kamu nikmati bersama pacar kamu. Kabarnya kalau kamu berkunjung ke sini dengan pasangan dan belum resmi menikah, maka empat puluh hari kemudian hubungan kalian akan berakhir.

10. Candi Gedong Songo

Diberi nama Candi Songo karena kawasan bangunan candi peninggalan agama Hindu ini memiliki 9 buah candi. Candi Songo berada di lereng Gunung Ungaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Meski memiliki cuaca yang sejuk dan pemandangan yang indah, candi ini memiliki mitos yang bisa membuat patah hati yaitu barang siapa yang gombal pada pasangannya akan putus cinta.

11. Pulau Kemaro, Palembang

Sebuah delta kecil di Sungai Musi yang kemudian disebut Pulau Kemaro ini terletak sekitar 6 Km dari Jembatan Ampera, Palembang. Di sini terdapat sebuah kelenteng yang bernama Hok Tjing Rio yang selalu ramai saat perayaan Imlek.

Mitos yang berkembang di Pulau Kemaro adalah jika sepasang kekasih datang ke pulau ini maka kisah asmaranya bakal kandas. Bagaimana guys, apakah kamu percaya dengan mitos-mitos tersebut? Sejatinya jodoh ada di tangan Tuhan ya. Peringatan melalui berbagai mitos tersebut berguna untuk jadi pengingat agar kamu dan kekasih hati tidak melampaui batas sebelum resmi menjadi pasangan yang sah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.